Sejarah internet – DARPA, IP, TCP, FTP,

::  DARPA ::
DARPA itu singkatan dari Defense Advanced Research Projects Agency. Didirikan pada tahun 1958 (dulu bernama ARPA) untuk mencegah kejutan teknologi sputnik dari Soviet yang menandakan bahwa Soviet telah mengalahkan Amerika Serikat ke ruang angkasa. Sekarang misi DARPA yaitu mencegah kejutan teknologi ke AS dan membuat kejutan teknologi untuk musuh-musuhnya.
DARPA adalah badan dari Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bertanggung jawab untuk pengembangan baru yang digunakan oleh militer. Nama aslinya ialah Advanced Research Project Agency (ARPA). Perubahan nama ini terjadi pada tahun 1972 tetapi pada tahun 1993 berganti nama kembali menjadi ARPA dan akhirnya menjadi DARPA kembali pada tahun 1996. DARPA terbentuk karena masyarakat politik dan pertahanan mengakui kebutuhan tingkat tinggi Departemen Pertahanan, Organisasi untuk merumuskan dan melaksanakan proyek-proyek R & D yang akan memperluas batas-batas teknologi, dan spesifik dari Layanan Militer dan dari laboratorium mereka. Dalam mencapai misi ini, DARPA telah mengembangkan dan mengalihkan program teknologi mencakup berbagai disiplin ilmu yang menangani berbagai macam kebutuhan keamanan nasional.
Dari 1958-1965, penekanan ARPA yang berpusat pada isu-isu nasional utama, termasuk ruang, pertahanan rudal balistik, dan deteksi uji coba nuklir. Selama tahun 1960, semua ruang sipil program perusahaan telah dipindahkan ke National Aeronautics and Space Administration (NASA) dan program ruang militer untuk Layanan individu. DARPA ini memungkinkan untuk lebih memfokuskan upayanya pada bek (pertahanan terhadap rudal balistik), Proyek Vela (deteksi uji coba nuklir), dan gesit (kontra R & D) Program, dan untuk mulai bekerja pada pengolahan komputer, ilmu perilaku, dan ilmu bahan.
Selama akhir 1960-an, dengan pengalihan dari program ini matang pada Layanan, ARPA redefinisi peran dan berkonsentrasi pada satu set beragam relatif kecil, program penelitian dasarnya eksplorasi. Badan berganti nama menjadi Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1972, dan selama awal 1970-an, ia menekankan program energi langsung, pengolahan informasi, dan teknologi taktis.
The Mansfield Perubahan tahun 1973 terbatas alokasi jelas untuk riset pertahanan (melalui ARPA / DARPA) untuk proyek-proyek dengan aplikasi militer langsung. Beberapa berpendapat bahwa perubahan tersebut hancur sains Amerika, karena ARPA / DARPA adalah sumber utama pendanaan untuk proyek-proyek ilmu dasar dari waktu; di National Science Foundation pernah dibuat perbedaan seperti yang diharapkan.
Dari 1976-1981, tekanan utama DARPA didominasi oleh udara, darat, laut, dan teknologi ruang, armor taktis dan program anti-lapis baja, inframerah sensing untuk surveilans berbasis-angkasa, teknologi tinggi energi laser untuk pertahanan rudal berbasis ruang, melawan kapal selam perang, rudal jelajah canggih, pesawat canggih, dan aplikasi pertahanan komputasi maju. Ini skala demonstrasi teknologi program besar bergabung dengan penelitian sirkuit terpadu, yang mengakibatkan teknologi elektronik submicrometre dan perangkat elektron yang berevolusi menjadi Integrasi Very Large Scale Integration ( VLSI ) Program dan partikel bermuatan balok program diamanatkan kongres.
Pada 28 Oktober 2009 badan tersebut pecah tanah pada fasilitas baru di Arlington, Virginia beberapa mil dari Pentagon.
:: TCP ::
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita kenal semua. Perkembangan TCP/IP yang diterima luas dan praktis menjadi standar de-facto jaringan komputer berkaitan dengan ciri-ciri yang terdapat pada protokol itu
sendiri yang merupakan keunggulun dari TCP/IP, yaitu :Perkembangan protokol TCP/IP menggunakan standar protokol terbuka sehingga tersedia secara luas. Semua orang bisa mengembangkan perangkat
lunak untuk dapat berkomunikasi menggunakan protokol ini. Hal ini membuat pemakaian TCP/IP meluas dengan sangat cepat, terutama dari sisi pengadopsian oleh berbagai sistem operasi dan aplikasi jaringan.
Tidak tergantung pada perangkat keras atau sistem operasi jaringan tertentu sehingga TCP/IP cocok untuk menyatukan bermacam macam network, misalnya Ethernet, token ring, dial-up line, X-25 net dan lain lain.
Cara pengalamatan bersifat unik dalam skala global, memungkinkan komputer dapat mengidentifikasi secara unik komputer yang lain dalam seluruh
Panduan Lengkap Membangun Server Menggunakan Linux SuSE 9.1jaringan, walaupun jaringannya sebesar jaringan worldwide Internet. Setiap komputer yang tersambung dengan jaringan TCP/IP (Internet) akan memiliki address yang hanya dimiliki olehnya.
:: IP ::
Internet Protocol (IP) adalah kepala protokol komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan datagram (paket) di sebuah internetwork menggunakan Internet Protocol Suite . Bertanggung jawab untuk routing paket melintasi batas-batas jaringan. IP adalah protokol primer yang menetapkan internet.
IP adalah protokol utama dalam Internet Layer Internet Protocol Suite dan mempunyai tugas untuk menyampaikan datagram dari sumber host ke host tujuan mereka semata-mata berdasarkan alamat . Untuk tujuan ini, IP mendefinisikan pengalamatan metode dan struktur untuk datagram enkapsulasi .
Secara historis, IP adalah layanan datagram connectionless di Control Transmisi asli Program diperkenalkan oleh Vint Cerf dan Bob Kahn pada tahun 1974, yang lain menjadi berorientasi koneksi Transmission Control Protocol (TCP). Internet Protocol Suite Oleh karena itu sering disebut sebagai TCP / IP.
Versi besar pertama dari IP, sekarang disebut sebagai Internet Protocol Version 4 (IPv4) adalah protokol Internet dominan, meskipun penerus, Internet Protocol Version 6 (IPv6) adalah aktif, tumbuh penyebaran di seluruh dunia.
Alamat Protokol Internet ditugaskan menjadi tuan rumah baik lagi pada saat booting, atau permanen oleh konfigurasi tetap perangkat keras atau perangkat lunak. Persisten konfigurasi juga dikenal sebagai menggunakan alamat IP statis. Sebaliknya, dalam situasi kapan alamat IP komputer baru ditetapkan setiap kali, ini dikenal sebagai menggunakan alamat IP dinamis.
Alamat IP statis secara manual ditugaskan ke komputer oleh administrator. Prosedur yang tepat bervariasi sesuai dengan platform. Ini berbeda dengan alamat IP dinamis, yang diberikan baik oleh antarmuka host komputer atau perangkat lunak itu sendiri, seperti dalam Zeroconf , atau ditugaskan oleh server menggunakan Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP). Walaupun alamat IP yang ditetapkan menggunakan DHCP mungkin tetap sama untuk jangka waktu yang lama, mereka umumnya bisa berubah. Dalam beberapa kasus, seorang administrator jaringan dapat mengimplementasikan ditetapkan secara dinamis alamat IP statis. Dalam hal ini, server DHCP digunakan, tetapi secara khusus dikonfigurasi untuk selalu menetapkan alamat IP yang sama untuk komputer tertentu. Hal ini memungkinkan alamat IP statis untuk dikonfigurasi secara terpusat, tanpa harus mengkonfigurasi khusus setiap komputer di jaringan dalam prosedur manual.
Dengan tidak adanya atau kegagalan statis atau stateful (DHCP) konfigurasi alamat, sistem operasi dapat menetapkan alamat IP untuk antarmuka jaringan dengan menggunakan state-less auto-konfigurasi metode, seperti Zeroconf .
:: FTV ::
FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu protokol tertua yang pernah ada di Internet. Namun demikian, FTP tetap menjadi jenis layanan yang banyak dimanfaatkan oleh pengguna Internet, terutama untuk mendownload software atau hal-hal lain. File Transfer Protocol [FTP] telah ada semenjak dua puluh tahun di sejarah internet, sehingga protokol ini sudah memiliki standard yang baik. Banyak cara lain yang datang dan pergi, tetapi FTP merupakan cara yang paling sering digunakan untuk mengirimkan file melalui internet.FTP menjadi sebuah elemen penting dalam internet sehingga akan sangat merugikan jika tidak menyediakan fasilitas yang mendukung FTP sebagai bagian dalam situs Anda.
About these ads

About adhietdoank

just my illusion
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s